Tuntunan Sholat Istikharah, Niat, Bacaan, dan Dalil Keutamaannya

Shalat istikharah atau sholat istikhoroh adalah salah satu amalan yang penting untuk dipelajari. Tidak hanya untuk memudahkan dalam mencari jodoh, tapi juga ketika seorang muslin dihadapkan npada berbagai pilihan hidup.

Artikel kali ini akan membahas sangat jelas mengenai shalat istikharah dari mulai niat, keutamaan, tata cara, dan doa yang dianjurkan sesuai sunnah. Hal ini akan menambha keberkahan dan kemudahan dalam menentukan pilihan di semua urusan.

Menentukan Pilihan Sesuai Tuntunan

tata cara shalat istikharah
cilecenter.org

Tidak bisa dipungkiri memang. Hidup adalah pilihan. Mau masuk sekolah ada pilihan A, B, dan C. Beranjak kerja atau kuliah ada pilihan melamar kerja dimana atau kuliah dimana.

Banyak sekali momen ketika kita harus memilih.

Islam adalah agama yang lurus dan paling komplit dalam memberikan solusi untuk ummatnya. Dalm mengambil pilihan, Alloh SWT memerintahkan untuk melaksanakan amalan yang dianjurkan. Contohnya sholat istikhoroh.

Kapan Shalat Istikharah Dilakukan

shalat istikharah
thought.co

Pada hadits yang akan kami jelaskan di bawah, Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam ternyata mengajarkan para sahabat untuk shalat istikharah di berbagai perkara.

Jadi, shalat yang diidentikkan dengan mencari jodoh di jaman modern ini ternyata bisa dilakukan kapanpun. Tidak hanya pada saat mencari pendamping hidup saja.

Selama ada perkara yang membutuhkan pilihan, maka sholat istikhoroh adalah salah satu solusinya.

Orang yang dianjurkan melaksanakan sholat istikharah juga dianjurkan orang yang hendak memantapkan keputusan atau ikhtiarnya.

Studi kasus: seorang ikhwan sedang berta’aruf dengan seorang akhwat. Maka ia melakukan sholat istikharah untuk meminta jawaban dari Allah.

Perkara ketika ia berta’aruf berarti sudah ada kecondongan untuk menikahi akhwat yang ia jumpai. Jadi, ia beristikharah meminta ridho dan keberkahan jika sekiranya akhwat tersebut baik untuk dirinya dalam kehidupannya.

Namun jika tidak, maka shalat istikharah tersebut bertujuan memisahkan dia dengan orang yang mungkin akan akan buruk baginya di suatu hari kelak.

Jadi, jika pilihannya sudah ada baru melakukan sholat istikhoroh. Jangan sampai calon istri belum ada tapi sudah meminta dengan doa istikhoroh. Ini tentu tidak sesuai.

Dari contoh kasus di atas, ada firman Allah yang berbunyi:

“Bisa jadi kamu membenci sesuatu hal, padahal itu sangat baik untukmu. Dan bisa jadi kamu menyukai satu hal padahal itu buruk untukmu. Allah Maha mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.”

Q.S Al Baqarah: 216

Bukan Sekedar untuk Mencari Jodoh

doa istikharah latin
nrostatic.com

Banyak sekali kita dapati pada zaman ini, orang yang mengkaitkan istikharah dengan cara untuk mencari jodoh. Entah itu dimudahkan dalam mendapatkan, mencari, atau memperlancar proses pencarian.

Satu hak yang perlu dipahami bahwa istikharah ini bukan hanya sebatas untuk mencari jodoh saja. prakteknya dapat dilakukan ketika kita hendak mengambil sebuah keputusan dalam hidu. Apapun bentuk dan masalahnya.

Shalat Istikharah

dalil shalat istikharah
squarespace.com

Shalat istikharah adalah salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam ketika dihadapkan untuk mengambil sebuah pilihan.

Ada beberapa dalil yang menjelaskna tentang shalat istikharah. Adanya penjelasan tersebut dapat menjadi acuan dan menambah keimanan atas perintah Allah yang satu ini.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يُعَلِّمُ أَصْحَابَهُ الاِسْتِخَارَةَ فِى الأُمُورِ كُلِّهَا ، كَمَا يُعَلِّمُ السُّورَةَ مِنَ الْقُرْآنِ يَقُولُ « إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِك وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – أَوْ قَالَ عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – أَوْ قَالَ فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى – قَالَ – وَيُسَمِّى حَاجَتَهُ

“Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam pernah mengajari para sahabatnya untuk melakukan shalat istikharah di setiap urusan, sebagaimana Rasulullah mengajari surat-surat dalam Al Quran.

Beliau bersabda: “jika kalian hendak melaksanakan sebuah perbuatan, maka rukuklah (sholatlah) 2 rokaat dari selain sholat wajib / fardhu, kemudian  berdoalah:

“Allohumma innii astakhiiruka bi ‘ilmika. wa astaq diruka bi qudrotika, wa as aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lam, wa anta ‘allamul ghuyuub.

Allohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirul lii fii diinii wa ma’aadsii wa áaqibati amrii- disebagian hadits ada yang mengatakan “aajili amrii wa áajilihi” – faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syar rul lii fii diinii wa maáasyiii wa áaqibati amrii- ( au qoola fii ‘aajili amrii wa ajilihii) – fashrifhu ‘anni washrifnii ánhu, waqdurliyal khoiro haitsu kaana tsumma ardhinii/rodh dhinii biih.”

Upgrade ilmu: keutamaan ayat kursi

Arti dari doa istikharah di atas adalah: “Ya Alloh, sesungghunya hamba beristikharah kepada-Mu dengan ilmu-Mu, dan aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kudrot/kekuasaan-Mu, dan aku meminta kepada-Mu sebagian dari karunia-Mu yang agung. Karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedang aku tidak berkuasa, dan Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu dan Engkau mengetahui perkara-perkara goib.

Ya Alloh, jika Engkau tahu bahwa urusan/hal ini lenih baik untukku dalam kehidupan agamaku, kehidupanku, dan baik akibatnya bagi urusanku, maka takdirkanlah ia/urusan ini untukku, dan mudahkanlah urusan ini untukku. Kemudian berilah keberkahan untukku dalam urusanku ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untukku di dalam agamaku dan kehidupanku, serta akibatnya dalam urusan kehidupanku, maka jauhkanlah aku darinya dan jauhkan pula dia dariku. Dan takdirkanlah kebaikan dimanapun kemudian ridoilah aku di dalamnya. (H. R Ahmad, Al Bukhari, Al Baihaki, dll)

Cara Shalat Istikharah

cara cepat nikah
mengenaltatacarasholat.blogspot.co.id

Shalat istikharah tidak mengikat waktu untuk mengerjakannya. Shalat inni dilaksanakan jika ada perkara yang menjadikan sholat istikhoroh perlu dilakukan. Contohnya adalah ketika kita dihadapkan pada beberapa pilihan penting yang harus diambil.

Waktu pelaksanaan shalat istikharah tidaklah mengikat, jika ada urusan atau pilihan rumit, segera kerjakan.

Berikut adalah tata cara yang harus dilakukan ketika kamu ingin melakukan shalat istikharah.

1. Niat

Ada 2 jenis niat dalam melaksanakan shalat istikharah, yaitu di lafalkan atau cukup dengan kesungguhan dan ditanamkan dalah hati. Terserah mau menggunakan yang mana.

Intinya, kita berniat meminta petunjuk dari Allah dengan melaksanakan shalat istikhoroh.

Adapun jika dilafalkan, maka niat shalat istikharah adalah:

ushollii sunnatan istikhooroti rok’ataini lillahi ta’aalaa

 

Niat saya sholat sunnah istikharah dua rokaat karena Allah Ta’ala.

Melafalkan niat sebelum shalat hanya sebagai penguat saja. Bukan termasuk amalan yang wajib. Karena sesungguhnya niat itu adanya di dalam hati.

Oleh karena itu, tanamkan  niat yang ikhlas, tulus, dan rasa tawakkal kepada Allah ketika hendak melaksanakan sholat istikhoroh.

Rokaat dan Cara Mengamalkan

Dikutip dari berbagai keterangan, sholat istikharah dilakukan sebanyak 2 rokaat. Adapaun pelaksanaanya bisa terpisah atau digabung dengan sholat sunnah lainnya.

Jika pelaksanaannya terpisah, maka baiknya dilaksanakan pada waktu mustajab seperti 1/3 malam akhir. Atau disegerakan setelah kita mendapati perkara yang memerlukan shalat istikharah.

Akan tetapi jika pelaksanaannya dilakukan dengan shlat sunnah lainnya, maka cukup membaca doa istikharah setelah sholat sunnah tersebut.

Promoted: percetakan yasin, solusi cetak yasin terpercaya

Contohnya, kita melakukan shlaat sunnah rawatib. Maka setelah salam membaca doa istikharah untuk meminta pertolongan kepada Allah.

Shalat istikharah sendiri dilakukan seperti biasa dalam praktek shalat lainnya. Hanya saja, setelah salam ada doa khusus yang harus dibaca.

Doa Istikharah

jumlah rakaat shalat istikharah
phinemo.com

Latin: “Allohumma innii astakhiiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudrotika, wa as aluka min fadhlikal ‘adziim, fa innaka taqdiru wa laa aqdir, wa ta’lamu wa laa a’lam, wa anta ‘allamul ghuyuub.

Allohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirul lii fii diinii wa ma’aasyii, wa ‘aaqibati amrii, faqdurhu lii wa yassir hu liitsumma baarik lii fiih. Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro, syarrul lii fii diinii wa ma’aasyii wa áaqibati amrii, fashrifhu ‘annii, washrifnii ‘anhu, waqdurliyal khoiro, haitsu kaana tsumma ardhinii biih.

Doa Istikharah Versi Lain

Allohumma in kunta ta’lam anna haadzal amro khirul lii fii diinii wa ma’asyii wa áaqibati amrii. ‘Ajili amrii wa aajilih, faqdur hu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fiih. Wa in kunta ta’lam anna haadzaal amro syarrul lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii, ‘aajili amrii wa ajilih, fashrifhu ‘anni washrifnii ‘anhu waqdurliyal khoiro haitsu kaana tsumma ardhinii biih.

Artinya: “Ya Alloh, jika engkau jika tahu bahwa perkara ini yang terbaik untuk agama saya, kehidupan saya, dan baik bagi berbagai urusanku. Maka takdirkanlah dia untukku, dan mudahkan untukku dan berkahilah aku padanya. Dan jika Engkau mengetahui bahwa dia (perkara ini) buruk bagiku untuk agamaku, dan urusanku, maka palingkanlah dia dariku dan palingkan aku darinya. Dan taqdirkanlah kebaikan dari manapun kemudian ridoilah aku didalamnya.”

Keutamaan Shalat Istikharah

cara sholat istikharah
bgfons.com

1. Salah Satu Sunnah Rasulullah

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan untuk melakukan shalat istikharah dalam berbagai perkara.

Oleh karena itu, dengan melaksanakan sholat istikhroh maka itu berarti kita menjalankan salah satu sunnah Nabi shallallohu ‘alaihi wa sallam.

2. Menumbuhkan Sifat Tawakkal

Sudah menjadi hal yang pasti bahwa manusia dituntut untuk senantiasa bertawakkal kepada Alloh. Oleh karena itu, kita harus menyadari bahwa posisi kita adalah sebagai hamaba Alloh.

Tidak ada daya dann upaya dari manusia melainkan berada dalam kehendak dan izin dari Alloh SWT. Segala hak yang terjadi dalam hidup kita ini semata-mata hanya ada dalam kuasa-Nya.

Sesungguhnya Alloh lebih tahu mana yang terbaik untuk hamba-Nya. Boleh jadi kita menyukai sesuatu yang buruk, dan bisa juga justru membenci sesuatu yang baik bagi kita. Alloh lebih tahu apa yang kita butuhkan dari pada diri kita sendiri.

3. Beramal Sesuai Tuntunan

Pada zaman yang semakin modern ini, banyak orang yang hanya menggunakan rumus dunia untuk menyelesaikan masalah. Jika butuh uang, mereka mencari kerja. Jika sakit, segera ke dokter, dan lain sebagainya.

Padahal dalam penerapan sikap terhadap hal dunia, kita tetap dituntun untuk melakukan amalan sesuai syariat. Contohnya, jika ada musibah ucapkan “innaa lillahi wa innaa ilaihi rooji’uun” dan lainnya.

Intinya, agama Islam mendidik kita untuk senantiasa mengingat Alloh dalam berbagai hal, termasuk dunia. Apapun masalah dan peristiwa yang menimpa, selalu ada tuntunan syar’i untuk menghadapinya.

Dengan melakukan sholat istikhoroh dalam mengambil keputusan, kita belajar menghadapi liku kehidupan dengan perilaku yang disunnahkan. Inilah sikap kita seharusnya sebagai muslim yang taat atas tuntunan Alloh dan Rosul-Nya.

4. Menambah Keberkahan di Setiap Amalan

Melaksanakan shalat istikharah dapat menumbuhkan keberkahan di berbagai hal yang akan kita lakukan. Jika sebelum pelaksanaannya saja sudah sesuai sunnah, maka keberkahan akan mengalir terhadap apa yang kita kerjakan.

5. Menghilangkan Keraguan

Ini adalah manfaat utama dalam melaksanakan sholat istikhoroh. Hati kita akan terasa lega jika melaksanakan amalan yang diawali dengan istikharah. Keraguan terhadap pilihan yang kita ambilpun akan hilang.

6. Menambah Pahala

Sudah menjadi hal lumran yang kita ketahui, bahwa shalat adalah amalan yang mempunyai pahala tersendiri. Jika melaksanakan sholat apa pun, selama niat dan pengerjaannya sesuai dengan sunnah maka dapat menjadi ladang amal.

***

Terimakasih sudah  berkunjung ke website kami. Jangan lupa baca artikel kami sebelumnya yang berjudul Surat Yasin latin, Arab, dan terjemahannya.

Leave a Comment